Hasil Euro 16 Juni 2016: Inggris 2-1 Wales

Hasil Euro 16 Juni 2016Hasil Euro 16 Juni 2016. Inggris membalas lunas kegagalan meraup poin sempurna di pertandingan perdana dengan kemenangan dramatis atas Wales dalam lanjutan Euro 2016, Kamis (16/6).

Setelah hanya bermain imbang 1-1 dengan Rusia pekan lalu, skuat Roy Hodgson wajib memetik tiga angka demi memperpanjang napas untuk lolos ke babak berikutnya. Namun, raihan poin sempurna Inggris di Stade Bollaert-Delelis tidak mudah.

Mereka harus tertinggal lebih dulu oleh tendangan bebas spektakuler Gareth Bale di babak pertama. Di babak kedua, dua pemain pengganti Jamie Vardy dan Daniel Sturridge berhasil mencetak gol balasan. Suporter The Three Lions bahkan harus menunggu hingga perpanjangan waktu, ketika Sturridge memastikan tripoin bagi tim kesayangan mereka dengan kemenangan 2-1.

Menyusul hasil ini, Inggris kini memuncaki klasemen Grup C berkat empat poin. Sementara itu, Wales di urutan tiga dengan selisih satu angka. Wayne Rooney cs akan menghadapi Slowakia pada laga pamungkas, 21 Juni, dan di saat yang sama Wales ditantang Rusia.

Babak Pertama – Hasil Euro 16 Juni 2016

Roy Hodgson tidak melakukan perubahan sama sekali dalam susunan line-up menghadapi Wales. Namun mereka langsung memberikan tekanan pada si negara tetangga di menit ketujuh. Melalui sebuah serangan balik cepat dari sektor kanan, Adam Lallana memberikan crossing sempurna buat Raheem Sterling sayang sepakannya masih menyentuh mistar gawang.

Pertandingan kian menarik karena kedua tim terus berusaha mencari gol. Kedisiplinan lini pertahanan membuat para pemain kesulitan menembus barisan belakang lawan. Sebuah penyelamatan gemilang dilakukan Hennessey di menit ke-26. Rooney melepaskan tendangan bebas yang diarahkan ke kotak penalti, Cahill mampu menjangkau bola namun kiper Wales tersebut dapat membaca pergerakan lawan dengan sempurna, sehingga dengan mudah mengantisipasi peluang lawan.

Serangan terus dilancarkan The Three Lions dan mereka mengklaim seharusnya mendapat penalti saat Davies dianggap melakukan handball di area terlarang, namun wasit punya pendapat berbeda.

Di tengah gencarnya tekanan dari Inggris, Wales mencoba keluar melancarkan serangan balik. Rooney yang tampak agak frustrasi melakukan pelanggaran terhadap Robson Kanu dan inilah menjadi awal terciptanya gol pembuka.

Bale yang maju sebagai eksekutor tendangan bebas melapaskan tembakan kaki kiri dari jarak 35 yard dan si kulit bulat meluncur deras ke pojok gawang Joe Hart. Penjaga gawang Manchester City itu tak dapat berbuat banyak mengamankan gawangnya.

Babak Kedua – Hasil Euro 16 Juni 2016

Hodgson melakukan pergantian pemain di babak kedua demi mengejar ketinggalan. Jamie Vardy dan Daniel Sturridge masuk dan mereka menggantikan Harry Kane serta Sterling yang penampilannya kurang oke sepanjang periode pertama.

Masuknya Vardy dan Sturridge terbukti membuat lini depan Inggris lebih segar dan permainan menjadi milik Rooney dkk yang mendominasi sejak restart. Di menit ke-55, Hannessey ketangguhan Hannessey kembali diuji sepakan Rooney di kotak penalti, namun usahanya hanya membuahkan tendangan sudut.

Suporter Inggris di Lens akhirnya bersorak dua menit kemudian, ketika Vardy benar-benar merobek jala Hannessey. Diawali crossing spekulatif ke penalti area, terciptalah kemelut di depan gawang Wales. Williams yang berusaha membuang bola justru benasib nahas, karena si kulit bulat justru menuju tempat Vardy berada. Striker Leicester City ini kemudian dengan dingin mencetak gol untuk menyeimbangkan kedudukan.

Barisan belakang Wales dipaksa bekerja keras gara-gara terus mendapat ancaman dari Inggris yang mengejar gol kemenangan. Meski demikian, pasukan Chris Coleman tidak tinggal diam menghadapi gempuran negara tetangga.

Pemain pengganti Jonny Williams mencoba peruntungan dengan melepaskan tembakan jarak jauh, namun Hart melihat bola melayang di atas gawangnya.

Tambahan waktu tiga menit benar-benar dimanfaatkan The Three Lions untuk mencari gol kunci. Sturridge kemudian keluar sebagai pahlawan dengan melesakkan gol penentu kemenangan bagi Inggris, sekaligus menjaga kans tim untuk melaju ke fase gugur.

Baca juga artikel lainnya tentang »

Tinggalkan sebuah Komentar