8 Pengaruh Brexit pada Sepakbola Inggris dan Eropa

8 Pengaruh Brexit pada Sepakbola Inggris dan EropaPengaruh Brexit pada Sepakbola Inggris dan Eropa. Britania Raya (Inggris, Wales, Skotlandia, Gibraltar dan Irlandia Utara) baru saja menggelar referendum untuk menentukan apakah mereka akan bertahan atau meninggalkan Uni Eropa. Pada akhirnya 51,9 pemilih memutuskan untuk berpisah dari Uni Eropa.

Meski referendum yang populer dengan sebutan Brexit ini adalah peristiwa politik, namun imbasnya terhadap sepakbola akan sangat besar, terutama bagi sepakbola Inggris. Akan ada banyak aturan baru yang bakal mengubah wajah sepakbola.

Membicarakan imbas Brexit terhadap sepakbola juga mau tak mau harus membicarakan sisi politik dan legalnya. Secara keseluruhan, hasil referendum ini akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap sepakbola Inggris dan Eropa pada umumnya.

Para petinggi sepakbola Inggris, mulai dari FA sampai eksekutif di level klub sebenarnya sudah lama mengingatkan bahwa Brexit akan berimbas buruk. Namun mereka juga menyerahkan keputusan itu kepada rakyat Inggris Raya.

Histeria akibat Brexit membuat sebagian orang lupa bahwa penerapan aturan ini baru akan terjadi paling cepat dua tahun lagi. Berikut adalah beberapa rangkuman efek besar Brexit terhadap industri sepakbola Inggris dan Eropa.

8 Pengaruh Brexit pada Sepakbola Inggris dan Eropa

1. No Free Movement
2. Work Permit
3. Inflasi Nilai Transfer
4. Bosman Ruling
5. Article 19
6. Kewarganegaraan Ganda UE
7. Home Ground
8. Player Pool

Tinggalkan sebuah Komentar